Kamis, 27 Maret 2008

Sumbangan Bangsa Yahudi Pada Dunia

Cikal Bakal orang Yahudi adalah Ibrahim (kira-kira 1800-an SM) yang berasal dari rumpun Bangsa Semit, yang waktu itu meninggali daerah Ur (Babilonia Atas), sekarang Irak, kemudian terusir dari negaranya oleh Raja Nimrod hingga memaksa mereka bermigrasi ke Mesir bersama istrinya, Sarah dan pengikutnya. Karena simpati atas kecantikan Sarah maka Raja Mesir menghadiahi pembantu wanita Ethiopia bernama Hajar.

Waktu itu Ibrahim & Sarah sudah sangat tua dan belum punya anak maka turunlah wahyu kepada Ibrahim untuk menikahi Hajar, dan tidak lama kemudian Hajar mengandung dan melahirkan Ismail. Karena kecemburuan Sarah maka Hajar & Ismail diungsikan ke Lembah Bakah, sekarang Mekah. Tidak lama kemudian Sarah pun mengandung dan melahirkan Ischak. Kemudian dari silsilah Ischak lahir Nabi-Nabi besar, mulai dari Musa, Yakub, Dawud, Yusuf, Sulaiman, hingga Isa dalam bahasa Ibrani Yoshua dan dalam bahasa Yunani Yesus. Isa atau Yesus membawa syiar Nasrani. Sedang dari silsilah Ismail lahirlah Nabi Besar Muhammad, saw yang diutus membawa Syiar Islam.

Pada tahun 1300an SM tokoh dan legenda bangsa Semit keturunan Ibrahim yang dibesarkan di Istana Mesir, yaitu Musa, bahwa ini benar-benar nama pemberian Istana (Moses), kala itu nama-nama istana adalah Tutmosis, Achmosis, Ramses, Moses, dsb. Kemudian terjadi selisih dengan raja dan terusir, kemudian memimpin exodus bangsa Semit dari Mesir ke Kanaan. Dan diantara anak turun bangsa Semit di Kanaan adalah Yakub yang bergelar Israel. Maka dalam Al Quran disebut sebagai Bani Israil, anak cucu Israil dalam buku sejarah adalah Izrael (bahasa Ibrani anak Tuhan, el=Tuhan; Ismael = Tuhan telah mendengar).

Sejak sekitar tahun 300an SM, sewaktu ekspansi Alexander The Great yaitu seorang Kaisar Yunani yang berdarah Macedonia, Anaknya Phillipus, muridnya Aristoteles, berhasil menaklukkan wilayah luas membentang dari Mesir hingga India. Dan sejak itu Bangsa Yahudi tidak lagi memiliki kemerdekaan dan senantiasa menjadi perebutan kekuasaan antara Yunani, Romawi, Persia, Arab dan Turki. Dan sejak itu, terutama lagi sejak Kaisar Nero mengejar-ngejar Bangsa Yahudi maka Bangsa Yahudi tersebar di Eropa (Yahudi Diaspora) dan Jazirah Arab. Sebagai emigran mereka tetap Yahudi dengan sangat teguh memelihara keyakinan dan tradisi nenek moyangnya. Mereka cerdas, tekun dan berprestasi dalam bisnis kemudian dalam akademis. Maka muncullah tokoh-tokoh dan pemikir-pemikir besar serta pebisnis-pebisnis tangguh kelas dunia dari kalangan Yahudi, diantara yang menonjol adalah :

1. Karl Marx – Yahudi Jerman – Marxisme, Sistem Ekonomi Sosialis, Mempercepat membentuk masyarakat Sosialis melalui jalan Komunisme
2. Albert Einstein – Yahudi Jerman, bermigrasi ke AS – Pencetus Teori Relativitas,
yang merekomendasikan Presiden AS, FD Roosevelt segera membentuk Proyek Bom Atom mendahului Jerman yang sudah lebih dahulu merintis
3. Sigmund Freud – Yahudi Austria - Pendiri Psikologi Academis, Psikoanalisa
4. Emile Durkheim – Yahudi Perancis – Pendiri Sosiologi Akademis di Universitas Sorbonne
5. Abraham Maslow – Yahudi Amerika – Pendiri Psikologi Humanistik, Teori motivasi yang terkenal dengan menuju aktualisasi diri
6. Niels Bohr, Fisikawan
7. Henri Bergson, Fislsuf Fenomenologi
8. Baruch de Spinoza, Filsuf
9. Kenny G. – Yahudi Amerika – Musisi
10.Bob Dylan – Musisi
11.Benjamin Disraeli, Yahudi Ingrris, Politisi
12.Franz Kafka, Yahudi Jerman, Penulis Post Modernisme
13.George Soros – Yahudi Amerika – Trilyuner, Investor, Pialang Saham, Pialang Valas
14.Howard Scultz – Pemilik & CEO Star Buck
15.David Copperfield – Pesulap Ilusionist
16.Steven Spielberg - Sutradara
17.Masih banyak lagi bisnis-bisnis Bank, Pers, dll di Eropa dan Amerika yang dimiliki tokoh-tokoh Yahudi

Kemudian setelah PD II, atas keprihatinan Orang-orang Yahudi perantauan di Eropa yang menjadi korban kekejaman Nazi, yaitu sebanyak 6-8 juta Warga Yahudi dieksekusi oleh Adolf Hitler. Maka muncullah gerakan Zionisme yang dipimpin oleh Dr. Teodore Herzl dan berdirilah negara Israel.

Jadi telah banyak sumbangan Bani Ibrahim (anak cucu Ibrahim) pada pembentukan 2/3 ruhani umat manusia di dunia ini dan pemikiran-pemikiran baik Ilmu Alam, Ilmu Sosial maupun Filsafat.

Tulisan ini bersumber baik dari pelajaran sejarah maupun ajaran agama, yang disarikan dari keselarasan kedua sumber authentic tersebut.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sepertinya jumlah 6 juta itu hasil mark up. salam.